Saturday, May 5, 2012

Penyebab & Solusi Satria Fu Berisik

mesin satria fu kasar saat panas bisa disebabkan oleh shim klep satria fu dan masalah pada mesin satria fu 2010 terjadi apabila mesin satria fu bunyi tik tik dan mesin satria fu bunyi klotok klotok bisa terjadi karena suara mesin satria fu kasar, dan juga cara menyetel tensioner satria fu mengapa suara satria fu kasar pada saat panas?

Masalah Satria Fu berisik sering dialamai pemilik motor Satria. Biasanya mesin dirasakan berisik, kretek-kretek-kretek begitu bunyinya. Tidak perlu khawatir, katanya ini masalah biasa. Suara berisik serinh terjadi pada karakter mesin 4-tak ber-CC besar. Apalagi mesin satria kita berteknologi DOHC, Twin Cam, yang memiliki klep jauh lebih banyak dibanding mesin 4-tak biasa. Dengan mengetahui penyebab Satria Fu 150 berisik, kita bisa mencoba mengatasinya.
satria fu berisik saat mesin panas satria fu berisik saat panas rantai satria fu berisik tensioner satria fu berisik kopling satria fu berisik dekompresi satria fu berisik motor satria fu berisik suzuki satria fu berisik keteng satria fu berisik gear depan satria fu berisik satria fu berisik noken as satria fu berisik
Bunyi-bunyi berisik ini bisa disebabkan dari bagian kopling, rantai keteng, piston atau katup klep. Tentu jika seorang awam tentang mesin motor akan sulit mengetahui apa penyebab motor berisik. Penyakit yang biasanya dihadapi satria FU 150 biasanya bersumber dari bagian rante keteng. Kenapa sih bisa bikin berisik? ya penyebabnya bisa karena rantainya sudah ‘uzur’ bin melar, sproket (gir)-nya aus, atau karena stelan rantainya tidak pas lagi alias perlu distel lagi kekencengannya. Tapi masak motor masih baru udah berisik akibat kompenen yang sudah uzur?
apa penyebab mesin satria fu berisik suara noken as satria fu berisik satria fu bunyi berisik bunyi mesin satria fu berisik cakram belakang satria fu berisik cara mengatasi satria fu berisik cara mengatasi rantai satria fu berisik
Kadang motor baru bisa saja ada sedikit cacat bawaan atau sudah menjadi karakter tuh motor. Biasanya sih terjadi pada Satria Fu yang sudah lama 2 tahunan lebih, kebanyakan motor baru suaranya masih halus. bagaimanapun juga tetap merasa panik, masak motor keren Satria Fu suara mesinnya teriak-teriak.
cara mengatasi mesin satria fu berisik gejala mesin satria fu berisik head satria fu berisik klep satria fu berisik kenapa mesin satria fu berisik rantai keteng satria fu berisik rantai kamprat satria fu berisik kenapa rantai satria fu berisik
Solusinya, cukup dicek cam chain tension adjuster-nya bahasa gampangnya cek alat penyetel otomatis rante keteng. Cek apakah masih berfungsi atau tidak. Jika sudah tidak berfungsi maksimal ya memang musti diganti. Jadi ngak perlu asal claim minta diganti. Kalo masih berfungsi, artinya ckup distel lagi tuh tensionernya. Lalu apakah yakin disebabkan tensioner?
penyebab klep satria fu berisik rumah kopling satria fu berisik satria fu mesin berisik rantai motor satria fu berisik masalah mesin satria fu berisik satria fu mesin panas berisik mesin satria fu 150 berisik suara motor satria fu berisik penyebab satria fu berisik penyebab rantai satria fu berisik
Logikanya sih gini kawan. Motor Satria Fu yang baru, kemungkinan cacat produksi memang ada, namun itu sangat kecil kemungkinannya. Apalagi perusahaan sekaliber Suzuki, pasti ngak sembarangan membuat suatu produk. Minimal mereka telah menerapkan quality control setaraf 6 sigma, bahasa umum dikalangan specialist quality control. Jadi rantai rante keteng- kendor alatau melar  ataupun kasus sproketnya yang aus karena masa pakai harian yang kurang tepat.

Untuk mengetahui apakah ini benar-benar penyebabnya perlu dibuka dok mesin tepat dibagian Cam Chain Adjuster Tensioner dari tempatnya. Bagini caranya

Gini nih caranya:

1.. Buka Cam Chain Adjuster Tensioner dari tempatnya. Gunakan kunci no 8.
2.. Setelah dibuka, dengan menggunakan obeng ( – )masukkan ke dalam celah tegangan rantai cam dan putar searah jarum jam untuk mengendorkan tegangan, kemudian lepaskan obeng ( – ).
3.. Untuk memastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekannya macet/mekanisme pegasnya rusak ya harus diganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru.
satria fu rantai berisik solusi rantai satria fu berisik rantai roda satria fu berisik satria fu suara berisik
mesin satria f berisik saat panas agar rantai satria fu tidak berisik cara agar mesin satria fu tidak berisik knalpot satria fu yang tidak berisik tips agar rantai satria fu tidak berisik mengatasi rantai satria fu yang berisik cara mengatasi mesin satria fu yang berisik cara mengatasi mesin satria fu yg berisik cara mengatasi rantai satria fu yg berisik
Jadi, ngak melulu tensioner adjusternya musti diganti, cek dulu masih bekerja atau tidak. Jika masih bekerja, tinggal menyetel ketegangan rantai cam yang sesuai. Kalo sudah tidak berfungsi barulah diganti. Untuk berbagai kasus, penggantian ini biasanya gratis, karena masih dalam masa garansi.

Sekarang katakanlah cam chain tensioner adjuster masih berfungsi. Cara memasangnya gimana nih, apakah tinggal pasang aja atau perlu perhatian khusus?

Berikut ini langkah-langkah yang kudu duperhatikan pada saat akan memasang kembali alat tersebut.

1.. Sebelum memasang, pastikan pegas penegang sudah dikunci. Caranya dengan obeng (-) putar searah jarum jam.

2.. Putar Crankchaft pada arah yang normal untuk menghilangkan kekendoran rantai antara crank sproket dan exhaust sproket.

3.. Setelah memasang cam chain tension adjuster, putar obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Pada saat cam chain tension adjuster berputar batang penegang akan terdorong oleh daya pegas dan menekan cam chain tension adjuster yang sekaligus menekan rantai cam.

Cara ini tidak dianjurkan jika belum pengalaman mesin dalam, karena lumayan sulit. Lebih baik bersama-mekanik dan dicek bersama, supaya sama-sama tahu masalah penyebab Satria FU berisik, mungkin juga dari bagian lainnya.


EmoticonEmoticon